728x90 AdSpace

Latest News

Wednesday, August 28, 2013

Indonesia, Ultimate in Diversity

Anda pernah mendengar "Truly Asia" ? Saya yakin anda pasti akan bilang bahwa itu adalah slogan negara Malaysia. Kalau "Uniquely Singapore" ? Pastinya slogan dari negara Singapura. Kalau "Amazing Thailand" ? Yah pastinya slogan negara Thailand :)

Kota-kota di Indonesia bahkan tidak mau kalah, di Jogja kita mengenal slogan "Never Ending Asia", di Surabaya dengan "Sparkling Surabaya" dan Jakarta dengan "Enjoy Jakarta"

Kalau Indonesia, slogannya apa yah ?

Saya bertanya ke 10 orang teman saya, dan saya mendapatkan jawaban yang mengejutkan, 9 orang dari mereka bilang "Memangnya Indonesia punya Slogan, gw tahunya malah Malaysia dengan Truly Asia". Wah sedih sekali saya mendengar teman saya sampai tidak tahu slogan pariwisata Indonesia, malah tahunya negeri tetangga :(


Bagi yang belum tahu, slogan pariwisata Indonesia adalah "The Ultimate in Diversity", dari website Departemen Kebudayaan & Pariwisata artinya "With hundreds of dialects, ethnics, and customs, Indonesia has so many to offer. Fabulous beaches, serene mountains, numerous waterfalls, relics from the past, beautiful marine life. Indonesia has them all. Visitors will find Indonesia to their liking, as there's always a place of interest for everyone".

Saya mendapatkan info diatas waktu saya googling, pas saya mau mengakses website Departemen Kebudayaan & Pariwisata, hal keren terjadi, webnya gak bisa diakses seperti gambar dibawah

Web resmi kebanggaan pariwisata Indonesia tidak bisa diakses
Kenapa slogan negara lain malah lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia ketimbang slogan sendiri ?

Malaysia dengan slogan "Truly Asia" sering sekali muncul di promo-promo wisata pada Travel Agent, tidak hanya itu "Truly Asia" juga sering muncul di iklan-iklan TV & koran Internasional. Sedangkan "Amazing Thailand" sering muncul. Sedangkan Indonesia sendiri promo di travel agent tidak pernah saya temui ada tulisan "Indonesia Ultimate in Diversity" atau bahkan iklan TVnya :(

Dari sisi logo bagaimana slogan Indonesia ?


Sekilas dari sisi desain tulisan "Ultimate in Diversity" cukup bagus, namun jika dibandingkan diantara logo negara ASEAN lain, logo Indonesia bisa dibilang yang terburuk dari 3 negara lain. Saya yakin ada banyak Designer logo Indonesia yang kreatif dan cerdas yang bisa membuat logo pariwisata yang lebih baik dan menarik daripada logo sekarang.
Selain "Ultimate in Diversity" apakah ada slogan lain yang cocok ?
Memang arti atau pemahaman dari slogan pariwisata sekarang sangat dalam dan bagus, namun sulit dihafalkan dan tidak marketing. Sebenarnya slogan kota-kota kita bisa dipakai loh, misalnya "Indonesia - Never Ending Asia" atau "Sparkling Indonesia" atau "Enjoy Indonesia". Gimana pas gak? :) Memang nanti arti dan pemahan dari slogan akan berubah, tapi slogan jadi simple dan mudah diingat.

Kalau saya punya slogan sendiri untuk Indonesia, yaitu "Indonesia - Experiencing Asia" yang berarti dengan hanya datang ke Indonesia, bisa merasakan pengalaman seluruh negara Asia.

Kalau dari sisi online, bagaimana media promosi pariwisatanya ?

 
Untuk sample, kita ambil negara tetangga terdekat kita, yaitu Malaysia. Untuk website resmi, memiliki alamat "tourism.gov.my". Selain itu update-update seputar travel disana ada Facebooknya di "facebook.com/friendofmalaysia", lalu juga ada channel youtube resminya di "youtube.com/user/tminternet".
 
 
 
Nah untuk Indonesia sendiri ternyata tidak jauh beda :) kita punya website resmi di alamat "indonesia.travel"disitu terlihat bahwa slogan kita adalah "Wonderful Indonesia" bukannya "Ultimate in Diversity"


Indonesia, Ultimate in Diversity
  • Title : Indonesia, Ultimate in Diversity
  • Posted by :
  • Date : 3:53 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Top