728x90 AdSpace

Latest News

Monday, April 15, 2013

Srikandi Blogger 2013 : Blog is My Life


Blogging adalah bukan hal yang baru buat saya. Sejak saya masih kuliah tahun 2004 saya mulai mengenal yang namanya dunia blogging (yaahh..ketahuan deh umurnya hehe..) Saat itu saya hanya mengenal yang namanya 'blogspot' saja.

Dulu saya membuatnya sebagai curhatan diary online saya saja. Apa yang saya alami, saya tulis dalam blog pribadi saya, hanya untuk dinikmati diri sendiri. (Hehe..narsis ya) 

Jujur, dulu saya sempat menjadi pioner di kampus untuk dunia online dan blogging lho. Sejak saya sempat 'meracuni' teman-teman saya dengan blogspot, akhirnya mereka mau mencoba untuk ngeblog. Apalagi diantara teman-teman saya itu sempat meminta saya menjadi mentor untuk persoalan blogspot ini. Hehe..asiik. 

Lalu saya sempat vakum ngeblog untuk beberapa tahun. Karena saya merasa bosan dan juga karena kesibukan. 

Tahun 2009, Seiring perkembangan jaman, dengan banyak membaca buku, saya jadi tahu, bahwa dunia blogging tidak hanya berbasis blogspot saja. Tapi juga ada wordpress, posterous, multiply, dan tumblr. 
Wahh, jiwa saya menjadi semakin terpanggil untuk kembali ngeblog. Jadi semangat lagi. 

Saya juga mempunyai toko online yang berbasis wordpress dan multiply. Multiply tidak hanya sekedar untuk blog, tapi bisa dipakai untuk jualan online. 

Baru maret tahun 2013 saya bergabung dengan yang namanya kumpulan emak-emak hebat dalam komunitas KEB (Kumpulan Emak Blogger). Sebenarnya sih, kalau boleh jujur saya sudah mengenal dan tahu tentang KEB sudah sejak lama, sejak 1 tahun lalu, dari teman saya sendiri, Mira sahid, salah satu makpon (baca : emak founder) di KEB. Tapi saya belum mau bergabung. Alasannya klasik, blog saya masih sederhana, belum kepikiran untuk memonetize blog saya, dan saya belum punya waktu banyak untuk blogging. Surprisingly-nya, suami saya mendukung 100%. Dia yang menyuruh saya untuk bergabung dalam KEB ini sehingga saya bisa eksis lagi dalam dunia ngeblog seperti sekarang (hey, I'm back) ^^

Maka dengan berbekal semangat tinggi untuk ngeblog lagi, saya ingin mengasah tulisan dan pola berpikir saya dalam ngeblog, akhirnya saya tergabung dalam KEB. Banyak manfaat yang saya temukan sejak saya bergabung di komunitas dan blogging ini. Mulai dari menambah pertemanan, network bisnis, teman curhat, dan sebagainya. Sesuai dengan tagline KEB yaitu ngeblog adalah terapi jiwa, kegiatan menulis atau blogging bisa menjadi hipnotis bagi diri saya. 

Tulisan saya juga bukan hanya untuk konsumsi diri sendiri, tapi saya juga belajar, bagaimana tulisan saya bisa dinikmati dengan para pembaca di seluruh nusantara. Saya juga jadi tahu cara menghasilkan uang (monetize) dari blogging itu bagaimana, dan sebagainya. 

Membaca buku-pun menjadi hobby baru buat saya. Kata pepatah, jika kamu suka menulis, maka otomatis kamu akan suka membaca. Itulah bukti nyata yang saya alami. 

Surprisenya, pertama kalinya sejarah dalam hidup saya, pertama kalinya saya aktif kembali di blogging juga, saya sempat memenangkan Blogging Competition yang diadakan oleh Sensodyne. Yang hadiahnya gak tanggung-tanggung yaitu sebuah Iphone5. Hadiah yang saya impi-impikan. Woooow! :) 
Suatu anugrah dan penghargaan tertinggi yang saya berikan untuk diri saya sendiri. Semangaat saya dalam dunia blog semakin bertambah. Ternyata, saya harus meyakini diri sendiri, bahwa ternyata saya mampu untuk 'menulis'. 

Dan surprisingly-nya lagi, saya terpilih menjadi calon nominasi 50 besar Srikandi Blogger 2013. Wahh, Senangnya bukan main lho :) Jiwa saya sempat terpanggil 2x lipat. 

Semangat saya untuk menulispun semakin tertantang. Saat saya mendapati pertanyaan dari teman saya sendiri yaitu 'Apa hebatnya sih Lin dunia blogging itu? Emang ngapain aja sih? Blogging is Just writting kan?' 
Saya hanya menjawab, 'temanku, nanti kamu juga akan tahu makna blogging seperti apa, jika kamu mau mengenalnya lebih dalam' :)

Ditilik dari sisi bahasa, menurut wikipedia, Srikandi adalah tokoh pewayangan istri Arjuna yang sangat pandai memanah dan gagah berani. Yang dalam arti harfiahnya adalah seorang wanita yang tangguh, gigih, serta penuh semangat entah itu dalam hal keluarga ataupun pribadi. 

Lalu istilah Srikandi Blogger versi saya, tidak jauh seperti Miss Indonesia. Nah lho, artinya apa tuh? Ya, wanita yang nantinya diharapkan bisa menjadi Duta Blogging, yaitu mewakili dalam hal dunia blog atau dunia online. Sudah saatnya wanita mengapresiasikan karya tulisannya lewat media online yaitu blogging.


Jujur saja ajang Pemilihan Srikandi Blogger 2013 ini merupakan ajang kompetensi tahunan yang sangat bagus untuk diadakan. Mengenalkan ke masyarakat luas bahwa seorang wanita juga bisa "eksis" di dunia online. Yaitu bisa dibuktikan karyanya dalam bentuk tulisan. Tentunya tanpa meninggalkan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Pada dasarnya semua orang bisa menulis. Nah ajang Srikandi Blogger ini menjadi ajang mengasah kreatifitas, ketrampilan dan eksistensi diri kita sebagai blogger Indonesia.

Visi dan misi saya jika saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013 

Saya akan mensosialisasikan kepada sahabat, kerabat juga kepada seluruh penikmat dunia online, bahwa 'menulis' di blog bukanlah sekedar menulis curhatan atau 'menyampah' di dunia online saja. Tetapi lebih kepada apa yang bisa kamu bagikan kepada oranglain. Selain itu, manfaat lain dari dunia blogging adalah kamu akan mempunyai dunia baru, pengalaman baru yang akan kamu dapati. 




Saya sempat membaca buku 'blog writting' karya by Ollie. Buku ini sempat saya baca berulang-ulang kali. Sekarang tampilannya agak lusuh deh ^^..Buku ini menjadi suntikan dan dopping saya untuk blogging.  Jadi buat kamu-kamu yang  berniat mencari ide, coba deh baca buku ini ^^





Harapan saya jika saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013

Srikandi Blogger yang nantinya menjadi 'duta KEB', bisa menjadi penyemangat saya untuk terus berkarya. Saya ingin sekali tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang banyak. Juga menjadi sarana pembelajaran untuk saya 

Saya akan mensosialisasikan tentang dunia blogging kepada dunia luas, bahwa ngeblog adalah terapi jiwa. Kita juga bisa menghasilkan uang dari blog yang kamu miliki. Saya berharap banyak orang akan terinspirasi untuk menulis. Bukan perkara 'menulis' di media online, tapi terlebih kepada apa yang bisa kamu sampaikan melalui tulisan itu, dan bisa bermanfaat kepada orang banyak. 



Impian saya jika saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013

Saya ingin sekali menginspirasi kepada semua orang khususnya blogger perempuan untuk menjadi penyemangat mereka dalam hal menulis. Suatu saat saya juga ingin mengaktualisasikan karya tulisan saya dalam bentuk novel atau buku, serta menjadi racun yang mengajak teman-teman untuk mulai menulis blog karena Blog is My Life ^^




Menurut saya Srikandi Blogger adalah seorang wanita yang gigih dan semangat dalam mengapresiasikan karya tulisannya ke dalam sebuah blog, sehingga tulisannya dapat menginspirasi banyak orang serta mengajak orang lain terutama emak-emak untuk mulai nge-blog ^^




Srikandi Blogger 2013 : Blog is My Life
  • Title : Srikandi Blogger 2013 : Blog is My Life
  • Posted by :
  • Date : 5:16 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

5 comments:

  1. berarti kita seumuran ya, mak :D baru nyadar deh, hehe. cuma beda 1 tahun kuliahnya. semoga para srikandi tetap semangat menjalankan segala aktivitas dan memperjuangkan apa yang dicitakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lulus tahun berapa mak? hihi....
      amiiin... sama2 mendoakan ...^^

      Delete
  2. Cie ciee videonyaa qiqiqi
    sukses beratt yaa makk Ollinneee #hugsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin videonya itu perjuangan tuh :D *tutupmuka*
      sukses juga ya maaak #peluuk balik

      Delete

Top