728x90 AdSpace

Latest News

Tuesday, May 14, 2013

Srikandi Blogger is Kartini 2.0

Beberapa minggu lalu Kumpulan Emak Blogger (KEB) baru saja menyelenggarakan event penghargaan Srikandi Blogger 2013 yang pertama kalinya diselenggarakan sejak berdirinya komunitas ini. Tentu saja saya sangat antusias sekali ingin hadir. Saya ingin menjadi saksi dalam sejarah untuk acara ini. Seminggu sebelumnya saya sudah konfirmasi untuk hadir. 1 hari sebelumnya juga saya sengaja menyiapkan kostum kebaya dan make up warna baru untuk hadir ke acara ini lho :)

Udah cantik nih! :)
Seminggu sebelumnya, untuk kehadiran para pengunjung wajib registrasi pada link disini.

Acara penganugerahan Srikandi Blogger yang disponsori oleh Acer, mengambil tempat di Gedung F Kemendiknas Jakarta, Jl. Sudirman (sebelah FX Plaza), Jakarta. Tidak begitu jauh dari lokasi saya tinggal, hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mencapainya.

Jam menunjukkan pukul 09.30 AM, itu artinya saya telat 30 menit dari jadwal. Tapi alhamdulillah acara mulai pada pukul 10.00 AM. 

Wah, di depan sudah ada meja registrasi, dan sebelum masuk saya diharuskan untuk menyerahkan undangan  yang telah di print sebagai bukti kehadiran saya. Kebetulan saat itu saya hadir bersama suami saya.

Foto by Retno
Walaupun ini acara para emak-emak, saya selalu sedapat mungkin melibatkan suami saya tercinta, karena dialah sang fotografer pribadi saya, sehingga saya bisa narsis di berbagai titik gedung disini :)

Sponsor by Rinso

Sponsor by Cosmetic Wardah



Sebelum mulai saya sempat melirik ke atas panggung untuk stock hadiah yang sudah dipersiapkan panitia lho :) Salah satunya ada netbook Acer Iconia nih :)
Jujur saja saya saat saya melihat sejumlah sponsor dan antusiasme pengunjung yang hadir, mata saya sempat berdecak kagum. Ya, karena saya melihat semuanya telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, dan pastinya semua panitia bekerja bersama-sama untuk mewujudkan suksesnya acara ini.



Netbook Acer Iconia

Cosmetic Wardah (Doc : Pribadi)

TV dan Mesin Cuci (Doc : Pribadi)

Beragam Piagam dan Hand Bouqet  (Doc : Pribadi)

Voucher Belanja bo'
Acara dibuka oleh Duo MC yang heboh dan acara ini berlangsung sangat meriah.

Duo MC heboh (Doc : Pribadi)

Sebelum acara dimulai, MakPon (Emak Founder) yaitu Mira Sahid membuka acara ini. 

Mira Sahid (Founder KEB - Doc : Pribadi)

Acara resmi dibuka setelah ada pemukulan gong oleh MakPon.
Lalu lanjut ke acara pertama yaitu pembacaan monolog cerita mengenai seorang pengidap kanker, yang bercerita lewat media blog oleh Emak Wylvera

Emak Wiwi
Emak Wiwi (demikian disapanya) sangat ciamik membawakan sebuah monolog ini sehingga pengunjung seakan-akan terhipnotis sesaat, seakan-akan berada dalam situasi itu :)
Seakan belum habis para pengjung kagum akan mamanya yang membacakan monolog cerita yang menyayat hati, putri dari Emak Wiwi (Yasmin) tampil dengan membawakan 2 buah lagu yaitu 'Baby by Justin Bieber' dan 'Price Tag by Jessie J'

 


Oya, di awal acara Duo MC sempat memberitahukan bahwa ada lomba live tweet lho :)


Okey, berlanjut ke acara berikutnya. Yaitu penampilan dari Srikandi Cilik. Yang tidak lain yang tidak bukan yaitu putra dan putri dari Emak-emak blogger ini sendiri. Waah,,, lucu-lucu deh saat itu. Ekspresi polosnya macam-macam, ada yang lincah, ada yang bersemangat, sampai-sampai ada yang menangis saat itu :)

Fashion Show para Srikandi Cilik
Fashion Show para Srikandi Cilik
Sebelum masuk ke acara puncak, kita mendengarkan kata sambutan dari Pihak Acer.


Acara hiburan dilanjutkan dengan acara Fashion Show dari member KEB. Sponsor by Azza Hijab Moslem Wear. Betapa hebohnya emak-emak yang akan melakukan Fashion Show di acara Srikandi Blogger ini. Kehebohan terjadi saat mendengar kabar bahwa mewajibkan untuk memakai high heels yang tingginya 12 cm. Terbayang dong hebohnya gimana:)

Fashion Show member KEB (doc : Pribadi)

Dan inilah emak-emak yang terlibat penuh selama acara ini berlangsung dan mereka adalah para admin Komunitas Emak Blogger (KEB)

Admin KEB (Doc : Pribadi)
Acara hiburan belum selesai. Saatnya kita menikmati alunan suara emas dari Emak Echa dan Emak Fiki

Mak Echa dan Mak Fiki

Mereka membawakan lagu berjudul 'Bunda', pas banget dengan tema hari ini tentang Srikandi Blogger. Mereka membawakan lagunya dengan penuh penghayatan, duh saya aja mendengarnya jadi terenyuh dan ingin menangis :)

Okey, kita tiba di acara puncak yaitu acara penganugerahan Srikandi Blogger 2013

Mak Indah Juli

Mak Indah Juli

Mak Indah Juli 

Muka Tegang :)

Finalis tersebut adalah :

1. Anazkia - http://www.anazkia.com/
2. Alaika Abdullah - http://www.alaikaabdullah.com/
3. Winda Krisnadefa - http://catatankecil-winda.blogspot.com/
4. Dina Begum - http://dinabegum.wordpress.com/
5. Djajeng Laraswati - http://laraswati.com/
6. Nchie Hanie - http://www.nchiehanie.com/
7. Shinta Ries - http://www.shintaries.com
8. Octa NH - http://octavianinurhasanah.net/
9. Myra Anastasia - http://bundabelajarmenulis.blogspot.com/
10. Eka Maya - http://www.morningraindrops.com/

Para juri mengakui semua finalis memiliki kekuatan yang sama. Dan tidak mudah untuk memilih untuk jadi Srikandi Blogger 2013. Tetapi yang namanya kompetisi harus ada yang kalah, dan harus ada yang menang. Ke sepuluh finalis Srikandi Blogger 2013 mengenal blogger sejak 2 tahun yang lalu. Jadi menurut saya sangatlah pantas bila mereka masuk dalam jajaran para finalis. Kontribusi mereka dalam dunia virtual sudah banyak menginspirasi semua orang.

Sebelumnya Emak Anazkia dinobatkan sebagai Srikandi Persahabatan 2013.

Mak Anazkia
Bunda Yati Rachmat dinobatkan sebagai Blogger Life Achievement. Walaupun usianya sudah tidak belia lagi yaitu 76 tahun, namun semangat 'menulis' nya tidak pernah padam. Luarrr biasaa. Sehingga pantaslah diberikan penghargaan Life Achievement kepada Beliau. Penghargaan kepada Bunda Yati Rahmat ini membuktikan bahwa ngeblog bukan hanya milik kamu yang usia muda saja, tapi blogging bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Bunda Yati Rahmat (Doc : Pribadi)


Lalu penghargaan Blogger Inspiratif dinobatkan kepada Emak Haya Aliya Zaki, yang juga salah satu mentor di kelas online lanjutan di KEB ini. Terima kasih mak Haya Aliya Zaki, dengan semangatmu mak, aku bisa jadi konsisten menulis. Cerita demi cerita di blognya membuat saya tidak pernah kehabisan inspirasi untuk ngeblog.

Mak Haya Aliya Zaki


Lalu posisi Srikandi Blogger 2013 dinobatkan kepada...

Srikandi Blogger 2013 : Alaika Abdullah


Acara penganugerahan Srikandi Blogger ini menurut saya sangat baik. Dan patut diacungi jempol untuk seluruh ide, ataupun kerja keras dari seluruh panitia. Ajang ini sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk para emak-emak yang telah berkonsistensi, kontribusi dan membuktikan dirinya dalam dunia digital sekarang ini. Alhamdulillah walaupun saya terbilang sangat junior dalam hal 'ngeblog' sejak saya bergabung di dalam KEB, saya jadi tahu dunia blog serta memonetize dari blog itu sendiri. Suami saya sendiri sempat berdecak kagum terhadap event besar ini, walaupun yang menyelenggarakan para emak-emak dan untuk emak-emak, tapi orisinil ide serta kontribusi untuk acara ini patut diacungi 10 jempol. Mungkin (sampai saat ini) belum ada komunitas lain yang dapat menandingi event sebesar ini. Karena sponsor yang digandengnya pun sangat dashyat.

Overall, acara ini sangat bagus dan inspiratif. Pastinya, walaupun saya bukanlah Srikandi Blogger 2013, dengan adanya acara ini, saya ingin menginspirasi kepada oranglain, bahwa ngeblog bukan hanya sekedar tempat curahan hati, benar-benar bisa membawamu dikenal dunia. Terbukti dari pemenang Srikandi Blogger 2013 akan diberangkatkan ke Solo guna untuk mengikuti acara Asean Blogger 2013. Kamu bisa berkarya dan bisa menghasilkan sesuatu yang nyata melalui tulisan. Jangan takut akan usia. Usia janganlah dijadikan penghalang untuk bisa berkarya. Hanya satu kok hambatannya, Rasa Malas! Dan bila kamu sudah menetapkan diri untuk mau berkarya lewat tulisan, lakukanlah dengan sepenuh hati. Lakukan dengan konsisten. Beragam manfaat yang bisa kita temukan nanti melalui ngeblog. Dan saya sangat bangga menjadi bagian dari Komunitas Emak Blogger (KEB) ini.

Semoga acara besar dan sangat inspiratif ini akan terus ada setiap tahunnya, dan harapan saya bisa menjadi pioneer untuk para komunitas lain. 

Acara penganugerahan Srikandi Blogger ini bertepatan dengan bulannya Hari Ulang Tahunnya Ibu Kita Kartini. That's why saya memilih judul ini Srikandi Blogger adalah perwujudan dari Kartini di era digital.

Oya, alhamdulillah walaupun saya tidak menjadi Srikandi Blogger, saya menang lomba live tweet lho. Best twitpic. Again hehe... Dan saya mendapatkan 1 buah juicer Elextrolux. Wah, lumayan nih, buat di rumah :)


with Emak Alaika Abdullah
with Emak Shinta Ries
With Emak2Blogger



Akhir kata saya mengucapkan terima kasih KEB, terima kasih Rinso, dan terima kasih Acer atas terselenggaranya acara yang keren ini :) Tahun depan semoga acara Srikandi Blogger akan lebih semarak lagi, lebih keren lagi, dan pastinya lebih inspiring. Siap-siap ikut nominasi Srikandi Blogger 2014 ahhhhh :)




Srikandi Blogger is Kartini 2.0
  • Title : Srikandi Blogger is Kartini 2.0
  • Posted by :
  • Date : 8:11 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

10 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Yg penting dpt hadiah dan bisa berfoto ria ya mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maak, alhamdulillah menang live tweet and foto2 pastinya ^^

      Delete
  3. Replies
    1. Makasihh mak Dina,, mungkin karena aku berada disana langsung dan duduk di depan kayaknya ^^

      Delete
  4. Selamat sore. Jury visit. Semoga sukses :)

    ReplyDelete
  5. Amiin... semoga saya menaang....Makasihhh Jurii ^^

    ReplyDelete

Top